Halma close my holiday..

up,libur panjang semester 2 hampir berakhir. Tidak terasa udah 1 bulan lebih sejak hari terakhir kuliah. Sebenernya libur kuliah resminya masih lama sekitar 1 bulan lagi, tapi karena prodi informatika (IF) ada SPARTA ‘07 (Simulasi dan Pelatihan Keorganisasian bagi anggota HMIF 2007) yaitu sejenis orientasinya himpunan informatika (HMIF) maka waktu liburan pun kepangkas sebulan.. Tapi ga boleh males dan mengeluh, kan harus rajin seperti semut dan tidak berkeluh kesah tapi mengucap syukur! Nah, selama sebulan lebih berlibur ini memang ga kerasa banget, apa aja yah yang udah gw kerjain atau hasilin? Soalnya kan ada “temen gw” yang dengan rajinnya menulis novel dan meminta gw jadi editornya. He3. Sorry nih, belum sempet gw baca, apalagi dikomentarin.. Tapi gw usahain untuk dibaca di sela-sela SPARTA ini deh.. OK? ^^

Beberapa kegiatan “berguna” yang gw lakukan di liburan :

1) Salah satunya menyelesaikan magic cube yang udah gw post sebelumnya. Waktu itu selama 1 minggu lebih kerjaan gw ngotak-ngatik kubus itu terus.. Hehehe.

2) Selanjutnya, kubus kayu yang dipinjemin ama temen PA. Kubus yang harus dilipat-lipat dan diputar-putar sampai membentuk wujud kubus utuh. Karena buntu, jadilah gw coba buat program untuk cari solusinya. Ketemu sih. Tapi lucunya, waktu programnya ampir beres tiba2 dede gw bilang, “Ko udah beres..”. Shock deh gw, mati2an buat programnya dan dia berhasil menyelesaikannya?! Dengan kebetulan lagi.. Tapi paling ga, setelah programnya beres dan solusinya dicoba, ternyata berhasil juga. Yah, setidaknya ga sia-sia deh usaha gw..

3) Lanjut, tiba-tiba cici gw jadi tertarik maenin sudoku yang gw udah bosen ngerjainnya… Tapi paling ga, gw udah buat sudoku_solver versi gw.. Sekalipun belum sempurna sih.

4) Udah gitu, kegiatan “berguna” selanjutnya dimulai 2 hari yang lalu. Ketika gw melihat mainan halma yang dimaenin waktu kecil dulu kan jadi pengen main lagi. Tapi pionnya ada yang lenyap.. Lalu dede gw mengilhami gw untuk membuat versi halma komputer. Katanya, “bisa ga,Ko?” Yah, gw memang seneng sih dengan tantangan seperti itu, jadilah 2 hari full gw ngulik cara buatnya.. Sampe jadi cape juga. Akhirnya sih selesai, meskipun masih ada kurang2nya.. Tapi bisa dimaenin lah.

Kayanya, proyek halma ini jadi penutup buat liburanku.. yah, not bad lah.

Nah, hikmah yang gw petik dari beberapa kegiatan di atas tuh gw bisa begitu “interested” ama kegiatan yang seperti itu. Sampai betah diem berjam2 di depan komputer. Sedangkan waktu cari Tuhan paling lama 1-2 jam. Padahal kalo mau dibanding-bandingin, saat cari Tuhan tuh pasti disegerin dan ada kekuatan serta pengharapan baru. Sedangkan kalo diem di depan komputer pasti jadi cape tapi susah berhentinya.. Memang bener sih roh memang penurut, tapi daging lemah. Keinginan daging tuh kalo ga dikontrol oleh roh akan terus menjadi-jadi dan akhirnya merugikan diri sendiri. Tapi saat roh yang lebih berkuasa dalam hidup kita, dan kita mengikuti timingnya Tuhan pastilah hidup kita terus focus dan menjadi maksimal. Kenapa gw ngomong timingnya Tuhan? Karena beberapa kali ketika gw sedang mengerjakan sesuatu dan gw ga merasakan hadirat Tuhan lalu ada dorongan untuk cari Tuhan. Saat gw ikutin dorongan itu, gw disegarkan dan gw merasa semua yang gw lakuin itu optimal. Tapi saat gw ngotot dengan “kesibukan” gw, dorongan itu pun perlahan menghilang dan gw akan menyesali kenapa sih gw begitu ngototnya untuk “sibuk” sama sesuatu itu. Dari sini gw belajar kalo suara Tuhan tuh lembut banget. Dan untuk dengar suara-Nya, bukan Tuhan yang harus mengeraskan suara-Nya, tapi kita yang harus mengecilkan “volume-volume suara yang lain”, seperti : pekerjaan kita, keinginan kita, atau bahkan kekhawatiran kita.

Beberapa waktu yang lalu denger lagi khotbahnya Bang Yorgha tentang doa. Kebetulan ada banyak hal yang lagi gw doakan. Dan jawabannya seakan ga kunjung tiba. Entah itu jawaban tidak,ya,atau nanti. Tapi ternyata doa kita tuh pasti dijawab Tuhan, meskipun jawabannya bisa tidak atau nanti. Nah, tapi kalo jawaban aja ga kunjung tiba gimana? Beliau bagiin bagus,2 Petrus 3:8

Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Artinya, waktunya kita tuh ga bisa disamain sama waktunya Tuhan. Mungkin kita merasa udah lama banget ga dijawab,kaya udah seribu tahun. Tapi pasti Tuhan jawab. Rancangan Tuhan tuh bukan rancangan kecelakaan, tapi rancangan untuk mendatangkan kebaikan buat kita. Rancangan Tuhan juga seperti langit dari bumi jauhnya dari rancangan kita. Terus nantikan, terima dengan ucapan syukur karena Mazmur 37:4 bilang

dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Matius 6:33 tuh begitu menghibur.

Cari dulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semua itu akan ditambahkan kepadamu.

Prioritaskan Tuhan. Kejarlah kerajaan Allah itu, yaitu pengenalan akan Allah. Sampai sejauh mana kita mengenal Tuhan? Apa udah sampai seujung rambut-Nya Tuhan? Gw yakin, saat kita melakukan Firman Tuhan dengan mencari dahulu kerajaan Allah itu, then all these things shall be added unto you.

After all, that’s my whole holiday plus sleeping allday sometimes. He3. New season! Eh, new semester, I’m coming!

Nb : Kalo ada yang mau jadi tester program halma, silakan mendownloadnya dengan mengklik link di bawah ini. Kalo ada error, bug, or ketidakpuasan boleh complain di blog ini ato ke emailku di micro_sam_mail@yahoo.com

tampilan depan

Link untuk mendownload halma

3 thoughts on “Halma close my holiday..

  1. buahuahuahuahua niaaat amaat!!!! bagus.. baguss😛
    Baguuuss!! NOvel gua belum dibaca gituu??!!! TEga..!! Buahhahahha.. duasar… ya sud la..

    Met SPARTA ya.. semoga dapet banyak hal di sana untuk bangun lagi negeri kita tercinta.. GBU😀

Leave a Reply

