SPARTA has finished, LKO has started

Mungkin udah agak basi yah? Udah 2 minggu sejak SPARTA selesai, tapi biarlah lebih baik terlambat daripada gak sama sekali. Jadi,SPARTA dimulai tanggal 11 Juli 2008 dan ditutup tanggal 8 Agustus 2008. Setelah itu langsung dilanjutin ama TAHMIF (Training Anggota HMIF) tanggal 9-10 Agustus di Vila Merah, Parongpong, Sukamana, Lembang, Jawa Barat, Indonesia. Kegiatan ini ditutup dengan pelantikan anggota muda jadi anggota biasa.

Jadi banyak lah sukanya selama mengikuti SPARTA. Banyak juga sih dukanya. Jadi dukanya dululah, 1) Kumpul di kampus jam 6 pagi ampir tiap hari… 2) Saking padetnya susah cari waktu tenang 3) Cape fisik 4) Peralatan yang gw pinjemin ilang😦

Tapi banyak juga sukanya (esensi kegiatan) ini. Sebelumnya biar kebayang kita ngapain aja mari kita daftar apa aja kegiatan SPARTA :

1. Pelatihan Baris Berbaris

Sekarang gw udah belajar cara baris-berbaris yang benar : buat barisan dalam saf atau banjar, perintah dasar dalam baris berbaris (istirahat di tempat, hadap kiri, hadap kanan, hadap serong kiri, hadap serong kanan, jalan di tempat, langkah maju, jalan tegap), cara menginterupsi (bangganya disebut “bosan” oleh panitia di acara terakhir training karena sebelumnya banyak buat interupsi)

2. Arak-arakan wisuda

Jadi tau cari kaen yang murah (setelah belanja bahan buat kostum), cara nyembur api, ikut ngeramein acara wisudaan, dll.

3. Seminar

Ada beberapa seminar : 1) manusia pembelajar (Kang Arfi – Ketua SSDK ITB), 2) kemahasiswaan (Shana-peresiden KM 08-09), 3) Realita bangsa(Eko Praseyo – Penulis buku dan pakar pendidikan), 4) Eksplorasi Software Menjawab Permasalahan Bangsa (Budiono – IF’03 wakil Imagine Cup Indonesia ’03 dan Riza Satria – Dosen programming IF)

4. Penjelajahan Pos

Pertama di Dago Pakar dan kedua di ITB

5. Games

6. Motivatoring

7. Tugas-tugas yang ajaib : membuat lagu angkatan, lambang angkatan, model CPU, esai, desain software, resume kegiatan, tandu, acara bakti sosial, CD audio berisi 11 lagu!

Acaranya padet abis, tapi yah setelah beres acaranya bangga juga berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang dikasih ama panitia. Banyak hal menarik dari SPARTA :

1. Waktu bakti sosial kan ngajarin anak SD, nah ternyata di Indonesia bahkan di sekolah deket ITB masih banyak anak SD yang belum mendapatkan pendidikan terbaik. Kesadaran ini ngingetin gw untuk punya hati lebih lagi buat anak-anak bangsa ini.

2. Kata-kata Daemon : “Kalian ga akan dapet sesuatu dari HMIF, kecuali kalian aktif memberi sesuatu”. Artiin aja sendiri aplikasinya dalam kehidupan..

3. Kegiatan kumpul bareng dan kata-kata Patota (‘IF 07′) : masalah terbesar ITB khususnya IF adalah kurangnya komunikasi. Salah satu cara untuk membina keeratan dengan seseorang adalah banyak komunikasi dan banyaknya waktu yang kita habiskan bareng-bareng ama dia. Gw rasa ini berlaku juga kok dalam hubungan kita ama Tuhan.

4. Banyak materi sepanjang SPARTA yang menekankan kontribusi ke masyarakat mengingat realita bangsa saat ini. Bukankah kita harus punya hati lebih lagi buat bangsa ini karena Tuhan udah tempatkan kita di bangsa ini? Yer 29 : 7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

5. Teladan yang diberikan dalam SPARTA adalah disiplin dan bangun pagi. SaTe pagi? Yu, mari.

6. Arti angkatan adalah keluarga. Hm, ok juga tuh.

SPARTA sudah selasai, tapi bentar lagi ada LKO (Latihan Kepemimpinan dan Organisasi). Di sini kita (anggota biasa HMIF) mau disiapkan untuk masuk ke divisi-divisi yang ada di HMIF. Divisi-divisi itu antara lain : divisi kekeluargaan, keprofesian, media, pengabdian masyarakat,hubungan luar, PSDA (pengembangan sumber daya anggota), biro ekonomi, dan biro rumah tangga.

Nah, gw bingung, bingung banget. Mau masuk ke yang mana? Suara hati sih mau ke divpro. Tapi ga tau Bapa mau bawa gw ke mana.. Soalnya gw juga tertarik ke divmed,div PM,dan birex. Enaknya kalo kaya Nehemia, dia berdoa dan langsung dapetin jawabannya.

Nehemia 2:4 Lalu kata raja kepadaku: “Jadi, apa yang kauinginkan?” Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit, 2:5 kemudian jawabku kepada raja: “Jika raja menganggap baik dan berkenan kepada hambamu ini, utuslah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali.”

But, kita yang udah punya Yesus juga bisa connect langsung ama Bapa. So, biarlah ini latihan dari Tuhan buat gw semakin peka dengerin suaraNya..

One thought on “SPARTA has finished, LKO has started

  1. haauahua keren euy keren jadi anggota Himpunan.. tapi pasti bakal sibuk tuh🙂

    Bikin program2 yang membangun dan menyuarakan kebenaran yaahh..!! Santei aja, pasti Tuhan jawab.. meskipun kepepet-kepepet.. mudah-mudahan nggak lah ehuehueheu😀

    GBU bro.. keep on fire!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s