Beta Pi Kupang

Liburan panjang akhirnya tiba menyongsong pergantian tahun dari 2011 ke 2012. Setelah tahun lalu berkelana di negeri sakura, sedih rasanya bila liburan kali ini berlalu begitu saja. Namun untuk tahun ini saya ingin mengunjungi wilayah Indonesia terlebih dahulu. Akhirnya Kupang saya pilih sebagai pusat eksplorasi di NTT. Alasannya sederhana, saya memiliki teman Ko Fendy) di Kupang dan kota ini pun lokasinya strategis untuk mengunjungi lokasi-lokasi lainnya di wilayah NTT. Segera saya hubungi Ko Fendy yang sedang dalam misi melayani anak-anak muda di Kupang, dan syukurlah saya dapat menginap di tempatnya. Akomodasi selesai, yes!

Selanjutnya adalah transportasi. Perjalanan darat dan laut dicoret dari alternatif karena memakan waktu lama, sementara perjalanan kali ini dikhususkan untuk mengeksplorasi NTT saja, khususnya lokasi sekitar Kupang. Saat itu ada beberapa maskapai yang melayani tujuan Kupang yaitu : Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Batavia Air. Akhirnya saya memilih Batavia Air dengan pertimbangan harga murah, catatan penerbangan cukup baik, dan lebih fleksibel dalam penggantian tanggal terbang maupun pembatalan tiket. Tiket saya beli satu bulan sebelum keberangkatan tanggal 4 Januari 2012 dan kepulangan 12 Januari 2012. Saya membelinya melalui Jayaprima travel, namun sebenarnya tiket Batavia Air dapat dibeli secara online dan pembayaran menggunakan internet banking maupun kartu kredit.

Setelah merencanakan garis besar rencana perjalanan, maka pada 4 Januari 2012, berangkatlah saya dari Bandung ke Jakarta dengan Cipaganti Travel dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Pukul 4 pagi, saya sampai di terminal 1C Soetta dan langsung check-in di counter Batavia Air. Pukul 05.30 boarding gate 6 dibuka, saya pun menuju pesawat Batavia Air yang segera akan membawa saya ke Kupang.

Pesawat terbang sesuai dengan jadwal selama tiga jam dari pukul 06.15-10.15 masing-masing menurut waktu setempat. Sekalipun hanya disuguhi dua roti bundar dan secangkir kopi, perjalanan dengan Batavia Air terbilang cukup baik. Cuaca saat itu baik, sekalipun sedang musim penghujan. Dilihat dari udara, gugusan hijau kepulauan NTT terhampar di depan mata dengan latar belakang langit biru cerah, sungguh indah. Jejak pertama saya di NTT ditandai dengan foto di depan tulisan bandara Eltari, Kupang. Selama seminggu ini, logat NTT mulai terasa dampaknya. Beta su pi Kupang! (saya sudah pergi ke Kupang).

4 thoughts on “Beta Pi Kupang

1. iya Jul, Tuhan terus bentuk dan kasih lihat hal-hal baru yang belum pernah kulihat, kudengar, apalagi kupikirkan sebelumnya.

Trims juga tuk Sion yang udah mengijinkan beta tinggal di sekrenya selama di Kupang🙂