Bemo NTT

Bemo merupakan transportasi umum dalam kota yang lebih dikenal dengan istilah angkot di daerah Jawa. Tidak ada yang berbeda dari tampilan fisiknya, namun begitu Anda mencoba naik bemo di NTT, misalnya di Kupang dengan segera Anda akan merasakan perbedaannya. Bemo-bemo di NTT selalu diiringin dengan alunan lagu yang sangat keras. Hampir tidak ada bemo tanpa dentuman bas lagu yang diputar, entahkah itu lagu daerah, rap, romantisa, dsb. Beberapa bemo bahkan menambahkan lampu kelap-kelip layaknya lampu disko di malam hari.Dugaan beta, budaya ini tidak lepas dari pengaruh orang Barat yang pernah menginjakkan kakinya di tanah NTT ini, yaitu pesta, disko, dan minuman keras. Namun bisa juga musik diputar keras-keras untuk menjauhkan rasa bosan dan mengantuk dari pengemudi.

Hal unik lainnya yang beta amati adalah kebiasaan supir-supir bemo yang gemar menempelkan boneka-boneka di jendela muka bemonya. Bahkan ada yang ekstrim hingga menutupi setengah bagian kaca. Kebanyakan boneka-bonekanya juga berbentuk lucu atau imut, sekalipun orang timor memiliki raut wajah keras ternyata hatinya lembut. Mungkin bisnis boneka ini dapat juga dijadikan peluang bisnis kawan!

P1040447

Bemo di NTT juga selalu dilengkapi dengan konjak. Berbeda dengan angkot-angkot di Jawa yang hanya dioperasikan oleh seorang supir. Para konjak ini juga rata-rata sangat bersemangat melakukan tugasnya. Terlihat dari bagaimana mereka berupaya mendorong kami untuk menggunakan jasanya. (PS : dibawah ini konjak gadungan)

P1040448

Hal yang patut dipuji dari bemo di NTT ini adalah tarifnya murah, baik jauh dekat sama-sama dikenai harga 1000 rupiah. Namun, hati-hati juga karena bemo tidak tersedia 24 jam. Bahkan bemo terakhir beroperasi sekitar jam 8 saja. Karenanya jika tersedia transportasi pribadi seperti motor, maka daya jelajah kita tentulah jauh meningkat. Untuk perjalanan ke luar kota ada bis antar kota dengan tarif sesuai jauhnya perjalanan.

P1040329

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s