nasional.is.me

Beberapa waktu lalu saya disuguhi buku-e berjudul nasional.is.me oleh sahabat saya Viona Wijaya. Buku-e ini tak tersentuh selama beberapa bulan di surel saya, Kesibukan dan juga fokus-fokus lainnya membuat buku ini harus mengantri dulu. Namun, akhirnya tiba juga giliran buku ini untuk dilahap. Buku-e ini menyajikan ide dan pengalaman Pandji Pragiwaksono tentang nasionalisme. Menarik untuk disimak!

Saya sepakat dengan definisi nasionalisme yang diangkatnya dari wikipedia :

Nasionalisme  adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan  kedaulatan
sebuah negara  (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas
bersama untuk sekelompok manusia.

Pandji mengungkapkan bahwa banyak orang Indonesia yang pesimis dengan masa depan Indonesia, kebanyakan disetir oleh pemberitaan media massa dan gunjingan negatif mengenai Indonesia. Argumentasi Pandji bahwa sikap pesimis tersebut timbul akibat kurangnya “pengetahuan” akan Indonesia bisa jadi benar.

Saya mengalami sendiri perubahan pandangan terhadap Indonesia ketika mulai mengunjungi daerah-daerah di Indonesia, tidak hanya Jakarta atau Bandung. Terutama ketika saya mengunjungi NTT khususnya Kupang dan Alor di awal tahun 2012. Indonesia terlalu indah, terlalu kaya, dan terlalu luar biasa. Perlu ada orang-orang yang bangkit untuk mengubahkan pandangan yang tidak sepenuhnya benar tentang kejelekan Indonesia selama ini. Perlu ada orang yang bangkit untuk memberkati Indonesia! Saya percaya masih begitu besar harapan atas bangsa ini!

Saya bertemu dengan rekan-rekan dari luar negeri dan turis-turis mancanegara yang menjadikan Indonesia pilihan tujuannya. Banyak backpacker asing yang bertualang di Indonesia. Sebagai tambahan, investor-investor asing dari Eropa dan Amerika memilih menanamkan dananya di Indonesia sehubungan dengan imbas resesi ekonomi yang melanda mereka, sementara Indonesia tetap memiliki pertumbuhan ekonomi makro yang baik.Jika orang-orang asing dapat begitu optimis akan Indonesia, masihkan kita pesimis dengan bangsa ini?

Akhirnya, buku-e tersebut membahas mengenai #indonesiaunited, Katanya jargon ini mulai muncul sebagai hashtag di twitter untuk membangkitkan optimisme ketika insiden bom terulang kembali di Marriot dan Ritz Carlton. Menurut Pandji dan yang juga saya aminkan, indonesiaunited bukanlah organisasi, namun semangat dalam setiap WNI yang memilih untuk menciptakan perubahan di Indonesia, perubahan yang membawa Indonesia menjadi lebih baik. Wow, ide ini selaras dengan Aksanesia – Aku Sayang Indonesia. Suatu semangat yang akan saya bawa dalam perjuangan saya untuk memberkati Indonesia.

Saya tidak mengenal Pandji Pragiwaksono secara pribadi dan walaupun banyak kata sepakat mengenai nasionalisme dengannya, bukan berarti saya setuju setiap pernyataan maupun arah geraknya. Salah satu keberatan saya misalnya pandangannya yang mendukung pelegalan ganja. Namun saya dukung 100%semangat nasional.is.me dan indonesiaunite yang diusungnya!

Leave a Reply

