Prototipe Perangkat Lunak untuk Pengenalan Aksi Manusia Menggunakan Dynamic Time Warping

Pengenalan gerakan manusia dari citra bergerak mendapatkan perhatian besar dalam penelitian di bidang computer vision karena potensinya yang besar. Secara umum aplikasi dari pengenalan gerakan manusia dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu pengawasan, kontrol, dan analisis.

Penelitian mengenai pengenalan gerakan manusia umumnya dibagi dalam beberapa tahapan. Hasil dari setiap tahapan seperti tahapan deteksi, tracking, dan estimasi pose akan menentukan kualitas keseluruhan pengenalan aksi manusia. Selama ini, penelitian untuk mengenali gerakan manusia mengalami kesulitan karena belum ada solusi ampuh untuk mendapatkan hasil yang akurat pada tahapan–tahapan pendahuluan atau sulitnya proses persiapan yang diperlukan.

Tugas akhir ini membahas permasalahan dan solusi pengenalan aksi manusia. Untuk mendapatkan hasil yang baik pada tahapan-tahapan pendahuluan, maka digunakan Microsoft Kinect. Microsoft Kinect digunakan sebagai depth camera untuk mendapatkan data estimasi pose dengan pemodelan stick figure. Selanjutnya, metode Dynamic Time Warping (DTW) digunakan untuk mengenali berbagai aksi manusia berdasarkan kemiripan dengan data sampel yang tersedia.

Prototipe aplikasi untuk mengenali gerakan manusia berhasil dibuat dan berdasarkan penelitian terhadap 6 gerakan dan 5 sampel untuk masing-masing gerakan, disimpulkan bahwa DTW cukup baik untuk mengenali aksi manusia sederhana dengan akurasi sempurna 100%. Namun, DTW memiliki keterbatasan untuk dikembangkan mengenali gerakan yang lebih kompleks dan melibatkan banyak aktor.

Kata kunci : pengenalan aksi manusia, Microsoft Kinect, depth camera, estimasi pose, stick figure, Dynamic Time Warping

Tulisan di atas adalah abstrak dari tugas akhir tahap sarjana saya yang mungkin tidak ada dampaknya bagi orang banyak, namun bagi saya pribadi menjadi satu pengalaman hidup yang telah mengajari saya banyak hal. Kisah di balik tugas akhir ini akan saya publikasikan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s