Syukuran Wisuda

14 April 2012 lalu menjadi salah satu hari bersejarah bagi saya karena di hari itu akhirnya secara resmi saya telah menyelesaikan masa studi sarjana di Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. Beberapa acara syukuran wisuda bersama dengan PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen) dan HMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika) ITB telah mengawali upacara wisuda di gedung sabuga ITB dan saya ingin menutupnya dengan ucapan syukur melalui tulisan ini.

Masa lebih kurang 5 tahun bukanlah waktu yang singkat, namun ketika saya hadir dalam acara syukuran wisuda rasanya baru minggu lalu saya menjejakkan kaki di Institut Teknologi Bandung ini. Suasana penerimaan mahasiswa baru bahkan masih sangat jelas dalam rekaman ingatan saya. Sekali lagi terbukti bahwa waktu berlalu dengan sangat cepat. Saya bersyukur bahwa selama 5 tahun di ITB, penyertaan Tuhan dalam hidup saya telah menjagai langkah-langkah saya. Saya tidak dapat melihat maupun meramalkan masa depan, namun saya telah, sedang, dan akan mengalami masa depan yang indah dan penuh harapan bersama-sama dengan-Nya yang menuntun langkah saya.

Tema syukuran wisuda dari PMK:  “Let He Leads” – dengan sangat indah meringkas paragraf sebelumnnya. Ayat tema diambil dari Amsal 3:5-6

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu

Ayat tema ini adalah ayat favorit saya yang telah menuntun langkah saya selama lima tahun terakhir ini. Dan saya masih terus belajar menghidupi Firman ini dan beberapa kali cara belajar saya lewat teguran-Nya atas kecerobahan saya (senyum terkembang).

Dalam jumatan PMK minggu itu, sehari sebelum upacara wisuda, Pak Alamta, pengurus PMK ITB mendoakan saya dan alumni-alumni PMK ITB lain (yang kebetulan hanya saya yang berkesempatan hadir) dan menyampaikan ayat Firman yang juga meneguhkan dari Yosua 1:9

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

Tidak lupa, syukuran wisuda HMIF juga sangat berkesan bagi saya. Salah satu hal yang ingin saya lakukan, jika waktu dapat berputar, adalah membangun hubungan yang lebih akrab dengan teman-teman informatika. Saya jarang mengikuti acara-acara kebersamaan himpunan, namun di syukwis ini saya merasa percakapan saya dengan rekan-rekan dapat mengalir dengan lancar bahkan seperti teman dekat saja. Luar biasa melihat bahwa untuk perkara yang saya lalai sekalipun, Ia tetap menyatakan kasih karunia-Nya.

Saya bersyukur bahwa masa sebagai mahasiswa sarjana telah saya lewati dengan baik, banyak pengalaman yang sebagian tercatat di blog ini, sebagian di ingatan teman-teman terdekat, sebagian di ingatan saya sendiri, dan sisanya Tuhan yang ingat. Benar kata Firman-Nya dalam Roma 8:28 :

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Inilah ucapan syukur saya untuk satu musim yang telah saya lalui, tentu kawan pun memiliki ucapan syukur untuk musim-musim yang telah dilalui. Saya akan sangat senang untuk membaca catatan ucapan syukur kawan.

Leave a Reply

