Tips-tips untuk Anda yang ingin Berlibur ke Makassar

Kota Anging Mamiri, sebutan lain untuk kota Makassar merupakan tempat yang layak dikunjungi terutama oleh wisatawan Indonesia. Kota Makassar menawarkan pilihan kegiatan yang tidak dapat ditemukan di tengah keramaian kota yaitu warisan budaya Indonesia, keindahan pantai, dan wisata kuliner.

Transportasi di kota Makassar sudah cukup baik. Setelah Anda mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, berbagai pilihan moda transportasi mulai dari bus, taxi, atau rental mobil menjadi pilihan Anda. Harganya  20 ribu rupiah per orang untuk bus bandara, dan 120 ribu rupiah untuk rental mobil dari bandara ke Pantai Losari.

Bandara Sultan Hasanuddin

Warisan budaya Indonesia

Jika Anda sudah sampai di Makassar, maka sempatkan diri Anda mengunjungi Benteng Fort Rotterdam yang bagian dalamnya disulap menjadi museum, sekitar 15 menit berjalan kaki dari Pantai Losari. Museum La Galigo disana merupakan salah satu peninggalan budaya yang telah diresmikan oleh UNESCO. Jika Anda menyukai sejarah dan budaya Indonesia, Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di tempat ini tanpa merasa bosan. Biaya masuknya pun murah, hanya Rp 5.000. Jika saya tidak salah ingat, museum ini dibuka untuk publik dari hari Senin-Sabtu dari jam 07.30-18.00.

DSCN1259  Museum La GaligoBenteng Fort RotterdamMuseum La Galigo Museum La Galigo

Keindahan pantai

Sesi foto-foto dapat Anda lakukan di anjungan Pantai Losari dengan berlatar belakangkan tulisan Pantai Losari dan City of Makassar. Namun untuk keindahan pantai yang sesungguhnya, saya sarankan Anda mengunjungi Pulau Samalona, sekaligus Anda juga dapat melakukan snorkeling di pulau kecil yang masih bersih dan indah ini. Perjalanannya sendiri dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan kapal boat dari dermaga kapal di seberang benteng Fort Rotterdam. Sewa kapal sekitar 200-300ribu, tergantung hasil negosiasi Anda dengan pemilik kapal.

Pulau Samalona Pulau Samalona Pulau Samalona

Peralatan snorkeling dapat Anda sewa di lokasi dengan harga Rp 50.000 untuk satu set peralatan. Akan tetapi, jika Anda ingin mengambil foto terumbu karang dan pemandangan bawah air, saya rekomendasikan untuk menyiapkan peralatan sendiri karena saya belum menemukan tempat penyewaan kamera di pulau ini.

Pulau Samalona

Lokasi snorkeling terbaik ditandai oleh sebuah mercusuar di sisi utara pantai yang menandai batas perairan dangkal yang berwarna hijau ke yang agak dalam berwarna biru pekat. Anda dapat meminta pengemudi kapal untuk mengantarkan Anda kesana. Pemandangan terbaik dapat Anda nikmati di bulan Juni – Desember saat ombak tidak terlalu besar. Terumbu karang disana masih sangat indah, namun berhati-hatilah untuk tidak menginjak dan merusakkannya karena beberapa bagian sangat dangkal. Berhati-hatilah juga agar tidak terluka karena menabrak atau tergores terumbu karang.

Pulau Samalona

Jika Anda yang ingin bermalam misalkan sedang berbulan madu, di pulau ini terdapat kamar-kamar penginapan walaupun harga sewanya cukup tinggi mulai dari Rp 500.000 semalam.

Pulau Samalona Pulau Samalona

Wisata kuliner

Kota Makassar menawarkan berbagai hidangan kuliner yang dapat Anda cicipi. Diantaranya yang saya rekomendasikan :

  • Coto Makassar di Coto Nusantara dekat Jalan Penghibur, Pantai Losari
  • Konro Karebosi Bakar di dekat Mal Karebosi
  • Seafood di rumah makan Lae-Lae Jl Datumuseng no 8
  • Mie Titi di jalan Datumuseng sebelum RM Lae-Lae, di sisi kanan jalan

Coto Makassar Mie Titi  Coto Makassar

RM Lae-lae

untuk hidangan ringannya Anda dapat mencicipi pisang Epe (pisang yang dibakar kemudian dipipihkan dan diberi gula merah cair), es pisang Ijo, dan es palu butung (terbuat dari pisang kepok yang telah dikukus dan dipotong-potong dan bubur tepung beras dan disajikan dengan sirup berwarna merah) yang banyak dijual di sepanjang jalan Penghibur, Pantai Losari.

Jika Anda juga menginginkan hiburan ala perkotaan selama perjalanan ke Makassar, Anda dapat mengunjungi Mall Trans Studio Makassar, Mall Karebosi, atau Mall Panakkukan.

Trans Studio Makassar

Untuk penginapan saya sarankan Anda untuk memilih penginapan di dekat Pantai Losari karena letaknya yang sangat strategis ke berbagai objek yang saya sebutkan. Saya merekomendasikan Wisma Pelangi Indah, karena harganya murah yaitu 200ribu per malam dan pemandangannya langsung menghadap Pantai Losari.

Wisma Pelangi Indah
Wisma Pelangi Indah

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di toko kerajinan dan oleh-oleh sepanjang jalan Sumba Opu, belakang jalan Penghibur. Lokasi oleh-oleh ini dapat Anda tempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Losari atau menggunakan becak dengan harga sekitar 10 ribu rupiah.

Jika Anda berasal dari luar kota atau bahkan luar pulau, jangan khawatir karena banyak maskapai yang menyediakan tiket murah ke Makassar. Dari dua kali perjalanan saya ke Makassar, saya mendapatkan tiket promo pulang pergi hanya sekitar 300ribuan. Anda juga dapat mencarinya lewat situs traveloka. Selamat berlibur dan menikmati keindahan kota Makassar!

Traveloka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s