Sehari Keliling Indonesia di TMII Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu area rekreasi di Indonesia yang paling sering dikunjungi. TMII dapat dicapai dengan menggunakan busway koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit). Anda dapat berhenti di terminal Garuda Taman Mini dan melanjutkan perjalanan dengan Angkot 02 berwarna merah. Jika perjalanan lancar, dari Slipi ke TMII hanya dibutuhkan waktu 30 menit dengan Trans Jakarta.

Gerbang Kala Makara
Gerbang Kala Makara

Berikut ini adalah peta Taman Mini Indonesia Indah :

Peta Taman Mini Nasional Indah

Jika Anda mencoba kereta gantung, Anda akan dibawa melihat dari udara pemandangan TMII yang kelilingnya sekitar 8 km selama kira-kira 20 menit. Khususnya, Anda akan terkagum-kagum melihat archipelago Indonesia di danau buatan di dalam TMII.

Archipelago Indonesia

Jangan lupa untuk menonton di teater IMAX Keong Mas untuk menikmati film-film di teater IMAX dengan layar terbesar. Pengalaman yang menarik bagi saya adalah menempuh jarak sejauh 2 km dengan berjalan dan sebagian berlari dari lokasi rumah adat Kalimantan Tengah ke Keong Mas untuk mengejar jam tayang film Indonesia Indah I. Saya pikir dapat menumpang mobil wisata nusantara namun hampir semuanya penuh. Namun dalam 20 menit, entah bagaimana saya berhasil sampai ke Keong Mas.

Teater IMAX Keong Mas
Teater IMAX Keong Mas
Teater IMAX Keong Mas
Teater IMAX Keong Mas

Di taman bunga Keong Mas, Anda dapat melihat beberapa figur dari legenda Keong Mas.

Keong Mas
Keong Mas
Keong Mas
Keong Mas

Berbagai miniatur rumah adat juga dapat Anda lihat di sini. Namun yang paling berkesan bagi saya adalah rumah adat dari Kalimantan. Alasannya adalah saat saya mengunjungi TMII sedang ada expo bertajuk “Explore Exotica of Borneo”. Berbagai jenis tarian dan fashion show pakaian adat disuguhkan dari Kalimantan Tengah, Barat, Selatan, dan Timur.

Anda juga dapat mengunjungi berbagai rumah adat di Indonesia lengkap dengan perabot dan baju adatnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi TMII adalah di pagi hari ketika cuaca belum terlalu panas. Anda dapat menyewa kendaraan di lokasi TMII dengan kisaran harga dari 15000 (sepeda) – 40000 (motor) rupiah per jam. Walaupun tersedia juga mobil wisata nusantara yang akan membawa Anda mengelilingi kompleks TMII hanya dengan 3000 rupiah per kali naik.

Demikianlah pengalaman saya mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, walaupun singkat namun sangat menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s